Pameran Media Pembelajaran Di SMPN 1 Tinggi Moncong

Sebagai bagian dari kegiatan mata kuliah Media Pembelajaran Manipulatif (MPM), mahasiswa jurusan matematika menggelar Pameran Media Pembelajaran yang disebut Video Geometri Hologram (VHG). Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 1 Tinggi Moncong, Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dengan durasi sehari pelaksanaan tepatnya tanggal 9 Desember 2019, pameran ini dilakukan pada salah satu ruangan kelas yang melibatkan 16 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan dari mata kuliah MPM, sekaligus menyampaikan tren pembelajaran matematika yang berbasis teknologi komputer. Dalam kesempatan ini, siswa disuguhkan VHG yang menampilkan berbagai macam polyhedra dan bangun irisan kerucut. Daya tarik dan interaktif merupakan kekuatan kinerja dari VHG sedemikian sehingga siswa akan terlibat secara aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan pengalaman belajar tentang geometri. Selain itu, suguhan materi VHG merupakan muatan yang tidak semuanya diperoleh saat pembelajaran di kelas. Seperti misalnya polyhedra dan irisan kerucut, di dalam muatan VHG ini menyajikan berbagai macam bentuk polyhedra dan irisan kerucut sehingga memperkaya item pengetahuan tentang topik tersebut. Selama proses penyajian juga diselingi dengan tanya jawab sehingga siswa tidak hanya menonton apa yang ditampilkan, tetapi juga pengetahuan mereka dicek untuk memastikan apa yang diberikan telah berhasil diserap dengan baik. Dengan cara ini, proses interaksi pembelajaran akan terjadi, proses transfer pengetahuan tidak hanya memperlihatkan bagaimana pengetahuan tersebut diberikan, tetapi juga dipastikan sebagian dari informasi tersebut telah ditampung seoptimal mungkin. Namun, serangkaian proses yang telah dilakukan selama perkuliahan, mulai dari mengkaji literatur yang ada, merancang ide-ide untuk membuat prototype, kemudian dilanjutkan dengan simulasi, dan diakhiri dengan pelaksanaan pameran merupakan siklus kegiatan yang diharapkan tidak hanya meningkatkan pengetahuan mahasiswa, tetapi juga melengkapi skill atau kompetensi yang seharusnya membingkai diri mereka. Semoga kegiatan ini menjadi pemicu bagi mahasiswa jurusan matematika untuk membuat inovasi dan mengembangkan kreativitas mereka yang terus berkelanjutan, bukan hanya untuk diri mereka, jurusan matematika FMIPA UNM, tetapi juga bangsa dan negara.

Komentar